8 Manfaat Sayur Rebung Bagi Kesehatan

8 Manfaat Sayur Rebung Bagi Kesehatan
Rebung (photo:google image)
Rebung merupakan pucuk dari pohon bambu yang dijadikan sebagai sayur. Rebung banyak dikonsumsi dan diolah oleh orang Indonesia. Rasanyapun sangat enak, nah jika Anda pernah mengonsumsi sayuran ini, sebaiknya perlu juga mengetahui manfaat kesehatannya.

Nah apa saja manfaat dari sayur rebung ini, yuk kita simak dibawah ini, seperti dilansir organicfacts.net.

1. Rendah gula

Rebung mengandung sekitar 2,5 gram per 100 gram kandungan gula didalamnya. Dan jumlah tersebut lebih rendah daripada kandungan gula dalam buah-buahan dan sayuran.

2. Sumber Protein

Terdapat 2,5 gram protein dalam 100 gram rebung. Protein tersebut terdiri dari tujuh belas asam amino esensial dan dua asam amino semi-esensial.

3. Kaya vitamin dan mineral

Rebung kaya vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin E, thiamin, riboflavin, niasin, asam folat dan asam pantotenat. Sedangkan mineral yang terkandung didalamnya adalah kalsium, magnesium, fosfor, kalium, natrium, seng, tembaga, mangan, selenium dan zat besi.

4. Kaya serat

Selain itu rebung juga kaya akan kandungan serat. Terdapat sekitar 6-8 gram serat pada rebung dalam 100 gram.

5. Menambah nafsu makanan

Rebung dapat menambah nafsu makan Anda, karena terdapat kandungan selulosa.

6. Mengontrol kolesterol

Dalam hasil penelitian yang dilakukan oleh Washington State University mengatakan bahwa rebung memiliki efek baik dan menguntungkan pada kolesterol, lipid dan fungsi usus.

7. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Rebung dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini karena rebung memiliki beberapa kandungan vitamin dan mineral.

8. Menurunkan tekanan darah

Rebung mengandung banyak kalium dan juga bertindak sebagai elektrolit. Sehingga sangat baik untuk menurunkan dan menjaga tekanan darah.

Itulah 8 manfaat rebung bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

@templatesyard