4 Jenis Sayuran Berwarna Yang Baik Untuk Dimakan Mentah

4 Jenis Sayuran Berwarna Yang Baik Untuk Dimakan Mentah

Anda mungkin pernah melihat beberapa orang mengonsumsi sayuran secarah mentah. Ya mereka mengonsumsi sayuran tersebut secara mentah untuk mendapatkan nutrisi yang lebih baik. Beberapa sayuran akan kehilangan sebagian nutrisinya ketika dimasak. Namun tidak semua sayuran dapat dimakan secara mentah, beberapa sayuran jenis lain sebaiknya dimasak untuk mengeluarkan nutrisi didalamnya agar lebih mudah diserap tubuh.

Seperti dilansir Livestrong.com, dibawah ini adalah 4 jenis sayuran yang dapat dimakan mentah berdasarkan dari warna sayuran tersebut.

1. Sayuran Hijau

Warna hijau yang terdapat pada sayuran adalah warna dari klorofil, pigmen alami tumbuhan. Sayuran hijau seperti paprika hijau, mentimun dan lainnya, seperti bayam, selain dimasak juga baik dimakan mentah. Hal ini agar dapat mendapatkan nutrisi yang lebih dari sayuran hijau.
Spesialis pangan dan gizi Julie Garden-Robinson, Ph.D., LRD mengatakan bahwa sayuran hijau dan sayuran kuning mengandung lutein dan zeaxanthin yang dapat membantu mengurangi risiko degenerasi makula.

Sayuran hijau seperti brokoli dan bayam disarankan untuk dimakan mentah karena merupakan sumber asam folat, begitu juga dengan bit hijau karena kaya akan kalium.

2. Sayuran merah

Sayuran memiliki warna merah mengandung lycopene atau antosianin yang merupakan antioksidan yang kuat. Harvard School of Public Health menyatakan bahwa tomat dan beberapa sayuran berwarna merah lainnya yang mengandung lycopene dapat mencegah kanker prostat, paru-paru dan mulut.  Beberapa sayuran merah antara lain paprika merah, lobak dan kubis merah. Sayuran tersebut disarankan untuk dimakan mentah.

3. Sayuran oranye dan kuning

Sayuran berwarna oranye dan kuning berasal dari pigmen tanaman yang disebut karotenoid. Karotenoid ada beberapa bentuk, contohnya pada wortel yang kaya akan beta-karoten, yang akan dikonversi menjadi vitamin A oleh tubuh. Beta-karoten juga berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, mata dan integritas selaput lendir.

Beberapa sayuran berwarna oranye dan kuning adalah wortel, paprika kuning, labu kuning dan tomat kuning.

4. Sayuran putih

Sayuran yang berwarna putih seperti bawang merah dan bawang putih baik juga untuk dimakan mentah karena mengandung allicin. Allicin adalah senyawa yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol jahat, selain itu juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker perut.

Itulah beberapa manfaat sayuran berwarna yang baik untuk dimakan mentah. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

@templatesyard