Manfaat Daun Kemangi Dalam Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat Daun Kemangi Dalam Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
daun kemangi (nisrina.co.id)
Lemahnya sistem kekebalan tubuh dapat membuat seseorang jatuh sakit. Dan untuk menghindari hal tersebut terjadi, sebaiknya kita harus mengonsumsi makanan bergizi dan menjaga kebugaran tubuh. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, yaitu dengan mengonsumsi air lemon hangat, lemon dan madu. Tapi ada juga salah satu tumbuhan yang dapat dijadikan alternatif untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Tumbuhan tersebut adalah daun kemangi. Seperti dilansir dari thehealthsite, Dokter Ravindra Ingale mengatakan bahwa mengonsumsi daun kemangi di pagi hari dapat meningkatkan kekebalan alami tubuh. Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa daun kemangi berperan sebagai modulasi sistem kekebalan tubuh. Ini adalah senyawa yang membantu menjaga dan merespon imun dalam tubuh. Tumbuhan tersebut dapat berperang melawan penyakit berbahaya yang disebabkan oleh bakteri dan virus.

Selain itu, daun kemangi juga memicu produksi sel-sel kekebalan tubuh yang sehat. Daun ini juga diperkaya dengan antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas. Tidak hanya itu, daun kemangi juga dapat mencegah kerusakan sel akibat oksidasi yang berlebih.

Sebuah penelitian lain yang diterbitkan dalam Journal of Ethnopharmacology mengungkapkan bahwa manfaat lain daun kemangi dapat merangsang produksi sel sitokin-T. Sel tersebut merupakan pembunuh alami dan sel limfosit-T merupakan jenis sel kekebalan yang melindungi terhadap serangan infeksi sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


Jadi bagi anda yang ingin meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan menggunakan daun kemangi, caranya sebaiknya konsumsi daun kemangi sebanyak 3-4 daun di pagi hari saat perut dalam kondisi masih kosong. Namun perlu diperhatikan untuk mencuci daun kemangi sebelum di konsumsi. Setelah mengonsumi daun kemangi usahakan untuk tidak mengonsumsi apapun selama 30 menit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

@templatesyard