4 Jenis Tanaman Herbal Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

4 Jenis Tanaman Herbal Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan. Pengobatan dengan metode tanaman herbal juga terbukti ampuh mengatasi penyakit. Inilah yang membuat sebagian orang beralih dari pengobatan dokter ke pengobatan herbal. Mereka beranggapan bahwa pengobatan herbal lebih alami.

Mungkin anda pernah mendengar Temulawak, jinten, hingga kayu yang tak asing lagi di telinga. Tanaman herbal tersebut sangat mudah didapatkan. Sehingga anda perlu tahu bahwa tanaman-tanaman tersebut memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan. Dilansir kompas.com Homeopath dan Praktisi Kesehatan Natural, Tjok Gde Kerthyasa, BHSc (Hom.), ADHom mengatakan, dalam satu tanaman herbal biasanya terdapat lebih dari satu manfaat bagi tubuh.

4 Jenis Tanaman Herbal Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Berikut dibawah ini adalah 4 Tanaman herbal dan manfaatnya bagi tubuh anda

1. Temulawak

Temulawak bermanfaat untuk melindungi hati atau hepatoprotektor. Bagian tanaman ini yang biasa digunakan untuk pengobatan adalah rimpang atau batang yang menjalar ke bawah tanah. Dalam buku "100 Top Tanaman Obat Indonesia" yang dipublikasikan Balai Besar Litbang Tanaman Obat dan Obat Tradisional, Kementerian Kesehatan, rimpang temulawak mengandung kurkumin, xanthorizol, dan minyakk atsiri. Rebusan temulawak juga dapat meningkatkan empedu, sekaligus menurunkan Kolesterol dan trigliserida. Selain itu juga temulawak juga dipercaya dapat meredakan nyeri sendi, anti-peradangan, obat pencahar, hingga melancarkan produksi ASI.

2. Meniran

Meniran adalah tanaman liar, sehingga sangat mudah untuk mendapatkannya. Ekstrak meniran berguna sebagai imunomodulator atau meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu dalam akar dan daun meniran banyak mengandung senyawa flavonoid. Penggunaan meniran untuk pengobatan biasanya digunakan untuk membantu mengobati malaria, meluruhkan batu ginjal, sariawan, hingga meredakan infeksi atau radang kandung kemih dan saluran kencing.

3. Jinten Hitam

jinten hitam dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Tanaman herbal ini mengandung miristat, miristoleat, pamitoleat, margarat, linoleat, behenat, hingga asam lignoserat. Manfaatnya dapat digunakan sebagai imunitas bagi mereka yang sering kena tifus. Bagus sekali juga untuk mengobati infeksi pencernaan. Selain itu, jinten hitam juga bersifat antivirus, antikanker, dan antioksidan tinggi. Tidak hanya itu jinten hitam juga dapat membantu melindungi sistem pernapasan, meningkatkan fungsi otak, membantu mengatasi insomnia, hingga melindungi tubuh dari efek stres.

4. Kayu Manis

Kayu manis bermanfaat untuk membantu menyeimbangkan kadar gula darah bagi pasien diabetes. Selain itu, kayu manis juga memiliki manfaat lain yang luar biasa seperti dapat menurunkan Kolesterol, tekanan darah tinggi, melancarkan sirkulasi darah, dan menghangatkan badan.


Itulah 4 jenis tanaman herbal dan manfaatnya bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

@templatesyard