Apel Amerika Terinfeksi Bakteri, Waspadalah!

Apel Amerika Terinfeksi Bakteri
apel (foto:nutritioncheckup.com)
Baru-baru ini kita dihebohkan dengan berita mengenai Apel dari Amerika Serikat yang terinfeksi bakteri Listeria monocytogenes. Tentu hal ini membuat masyarakat pecinta apel menjadi khawatir. Sehingga membuat pemerintah Indonesia menghentikan impor apel ini.


Dilansir Dream.co.id (1/27/15), bakteri Listeria monocytogenes merupakan salah satu bakteri gram-positif. Sebagian bakteri ini bersifat pathogen, yaitu dapat menjadi sumber penyakit pada tingkat tertentu. Penyakit yang disebabkan bakteri ini adalah Listeriosis. Dua jenis apel yang biasa dijual dengan merek Granny's Best dan Big B ini diduga terpapar bakteri Listeria monocytogenes.

Gejala awal penyakit Listeriosis diawali dengan influenza dan demam berkepanjangan. Biasanya disertai juga dengan gejala sakit kepala parah, mual, dan diare. Gejala-gejala ini biasanya berlangsung beberapa hari sampai tiga minggu.

Penyebaran bakteri ini dalam tubuh sangat berbahaya, jika sampai ke sistem saraf, dapat menyebabkan meningitis. Selain itu bakteri ini juga bisa menyebabkan infeksi pada kandungan atau leher rahim pada wanita hamil. Hal ini berbahaya karena dapat berakibat keguguran.

Penyebran bakteri ini dapat melalui makanan, seperti susu mentah, susu yang proses pasteurisasinya kurang benar, keju, es krim, sayuran mentah, sosis. Dagingpun juga dapat menjadi sarana penyebaran bakteri ini, seperti daging mentah yang difermentasi, daging unggas mentah dan yang sudah dimasak, semua jenis daging mentah, dan ikan mentah atau ikan asap.


Bakteri Listeria monocytogenes tahan dengan temperature rendah hingga 3 derajat celcius. Sehingga bakteri ini dapat berkembang biak walaupun disimpan dilemari pendingin. Untuk mematikan bakteri ini dapat di masak atau dipanaskan dengan suhu 75 derajat celcius.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

@templatesyard