Kacang Kedelai Dapat Membuat Pria Mandul

Kacang Kedelai Dapat Membuat Pria Mandul
kacang kedelai (foto:energitoday.com)
Kacang kedelai merupakan salah satu makanan yang sehat. Banyak olahan yang dihasilkan dari makanan ini, mulai dari tahu, tempe bahkan susu kedelai. Tapi tahukah anda bahwa ada beberapa penelitian yang menegaskan bahwa kacang kedelai dapat menyebabkan pria mandul.


Seperti dilansir oleh health okezone pria yang ingin tetap subur harus menghindari konsumsi kacang kedelai. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian di Harvard pada tahun 2008. Penelitian tersebut menunjukan adanya hubungan antara asupan kedelai dengan pengurangan jumlah sperma.

Dalam penelitian tersebut mengatakan bahwa jika kaum pria mengonsumsi setengah porsi kedelai per hari akan mengurangi jumlah sperma, hingga 32 persen lebih rendah. Sehingga indikasi ini juga dapat mengarah pada kasus disfungsi ereksi pada pria.

Dari laman Medicmagic, Senin (5/1/2014), ada sebuah penelitian lain yang dilakukan oleh Jorge Chavarro, MD, ScD yang juga mengungkapkan bahwa asupan tinggi makanan kedelai termasuk susu kedelai, dapat mengurangi konsentrasi sperma. Hal ini menyebabkan jumlah hormon estrogen berlebihan, yang menyebabkan laki-laki lebih feminin.


Selain itu seorang ahli urologi Larry Lipshultz, MD. Juga mempertegas bahwa jaringan lemak dalam tubuh dapat mengganggu produksi testosterone pada pria, sehingga memperlambat produksi sperma. Kacang kedelai merupakan sumber lemak sehingga sangat untuk tidak berlebihan mengonsumsi susu kedelai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

@templatesyard