3 Manfaat Jamur Tiram Bagi Kesehatan

3 Manfaat Jamur Tiram Bagi Kesehatan
Jamur tiram (photo:lampos.co)
3 Manfaat kesehatan jamur tiram. Beberapa jenis jamur ada yang dapat dikonsumsi dan ada pula yang tidak. Salah satu yang dapat dikonsumsi adalah jamur tiram. Jamur ini berwarna putih dan berbentuk seperti tiram. Biasanya tumbuh di alam liar pada pohon-pohon yang telah mati. Jamur jenis ini sudah digunakan oleh pengobatan tradisional China 3.000 tahun lalu. Dan sekarang telah banyak dibudidayakan.

Seperti dilansir livestrong, seorang ahli akupuntur dan penulis Medicinal Mushrooms, bernama Christoper Hobbs mengatakan bahwa jamur tiram sering digunakan sebagai tonik untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. Dan dibawah ini adalah 3 manfaat jamur tiram bagi kesehatan.

1. Antioksidan

Dalam Jamur tiram terdapat kandungan ergothioneine, yaitu antioksidan unik yang hanya terdapat pada jamur ini. Sebuah studi oleh Joy Dubost menunjukkan bahwa jamur tiram memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh. 

2. Anti-bakteri

Selain sebagai antioksidan, jamur ini juga memiliki sifat antibakteri. Hasil studi dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry pada 1997 mengatakan bahwa senyawa aktif benzaldehida yang terdapat pada jamur tiram dapat mengurangi infeksi bakteri di dalam tubuh. 

3. Rendah Kalori dan Bernutrisi

Jamur tiram juga mengandung mengandung kadar seng, besi, kalium, kalsium, fosfor, vitamin C, asam folat, niasin, dan vitamin B-1 dan B-2 dan juga rendah akan kalori. Sebuah penelitian dalam Food Chemistry menunjukan bahwa mengonsumsi jamur tiram sebagai bagian dari pola diet sehat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


Nah itulah 3 manfaat kesehatan dari jamur tiram. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

@templatesyard