5 Manfaat Luar Biasa Buah Jamblang Bagi Kesehatan

5 Manfaat Luar Biasa Buah Jamblang Bagi Kesehatan
ilustrasi buah jamblang (foto Flickr/ens tamp)
Buah jamblang memiliki nama ilmiah Syzygium cumini. Buah ini biasa disebut juga duwet yang berasal dari Bangladesh, India, Nepal, Pakistan, Sri Lanka, Malaysia, Filipina, dan Indonesia. Bentuk buahnya hampir mirip dengan belimbing wuluh. Berbentuk lonjong. Nah, apa saja manfaat dari buah ini? Yuk simak ulasannya dibawah ini.

Seperti dilansir merdeka.com, berikut 5 manfaat buah jamblang bagi kesehatan.

1. Obat diabetes

Buah ini sering digunakan untuk mengobati diabetes karena memiliki indeks glikemik rendah. Berikut dua studi penelitian mengenai buah jambang yang dapat mencegah mengobati diabetes:

a. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Complement Ther Med tentang efek anti-diabetes dari buah jamblang, menunjukkan bahwa buah ini memiliki potensi yang signifikan untuk pengobatan diabetes.

b. Studi lain menunjukkan bahwa benih jamblang bisa menurunkan kadar gula darah sebesar 30 persen. Buah ini juga dikaitkan dengan penurunan risiko komplikasi sekunder diabetes.

2. Menjaga sistem kekebalan tubuh dan menguatkan tulang

Buah jambang mengandung kalsium, zat besi, kalium dan vitamin C, yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kekuatan tulang.

3. Meningkatkan hemoglobin

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Annamalai mengatakan bahwa buah jambang dapat membantu meningkatkan hemoglobin dan mengobati anemia yang disebabkan karena kekurangan zat besi dan kekurangan vitamin C.

4. Menjaga kesehatan jantung

Jamblang banyak mengandung nutrisi seperti asam ellagic/ellagitannins, anthocyanin dan anthocyanidins. Nutrisi-nutrisi tersebut memiliki sifat anti-inflamasi. Selain itu buah ini juga mengandung antioksidan yang dapat mencegah oksidasi kolesterol dan plak formasi yang berkontribusi terhadap peningkatkan risiko penyakit jantung.

Tidak hanya itu, buah jamblang juga merupakan sumber kalium yang dapat membantu mencegah hipertensi. Dimana diketahui bahwa hipertensi merupakan salah satu faktor risiko untuk penyakit jantung.

5. Mencegah kanker

Beberapa penelitian telah menyelidiki sifat chemoprotective dari jamblang. Salah satunya sebuah studi yang dilakukan oleh Jagetia GC dan rekannya, ekstrak dari buah jamblang memiliki sifat radioprotective, yang menunjukkan bahwa ekstrak jamblang mampu menghambat radiasi yang disebabkan generasi radikal bebas yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker.

Itulah 3 manfaat tersembunyi dari buah jamblang bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

@templatesyard