10 Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan

10 Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan
Indonesia merupakan salah satu Negara penghasil rempah-rempah. Salah satunya adalah Cengkeh, yang begitu dengan mudah kita jumpai. Rempah jenis ini dapat digunakan sebagai bahan yang dapat menambah cita rasa yang lezat.

Selain sebagai penyedap rasa, cengkeh memiliki manfaat bagi kesehatan. Hal ini karena dalam cengkeh terdapat beberapa mineral dan vitamin seperti zat antioksidan, protein, serat, kalsium, zat besi, seng, niasin, asa folat, serta berbagai vitamin B, C, E, K, dan D.

Berikut 10 Manfaat cengkeh bagi kesehatan

1. Mengatasi sakit kepala

Susu yang dicampur dengan cengkeh ternyata dapat mengatasi atau menyembuhkan sakit kepala.

2. Menjaga kesehatan lever

Cengkeh bersifat antioksidan yang dapat membunuh radikal bebas. Dimana radikal bebas dapat merusak kesehatan lever dan organ tubuh lainnya. Sehingga dengan rutin mengonsumsi cengkeh dapat menjaga kesehatan lever.

3. Meningkatkan kehidupan seksual

Cengkeh juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan seksual. Bagi pria, cengkeh dapat meningkatkan libido dan menurunkan infertilitas.

4. Mengontrol diabetes

Cengkeh baik bagi penderita diabetes karena cengkeh akan mengangkut kelebihan gula darah sehingga akan terjadi normalisasi kandungan gula dalam tubuh.

5. Memperkuat tulang dan sendi

Cengkeh kaya akan kandungan zat seperti eugenol dan flavonoid. Kedua zat tersebut dapat meningkatkan kepadatan tulang dan mineral dalam tulang.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sering konsumsi cengkeh dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda. Sehingga tubuh terlindungi dari penyakit menular. Hal ini kaerna cengkeh dapat meningkatkan jumlah sel darah putih yang dapat membantu tubuh melawan infeksi.

7. Mengurangi rasa nyeri tubuh

Rasa nyeri pada tubuh dapat diredakan dengan cara mengonsumsi cengkeh. Cengkeh mengandung eugenol yang dapat menggantikan fungsi obat penghilang rasa sakit.

8. Mengobati sakit gigi

Cengkeh memiliki sifat anestesi alami yang dapat mengurangi rasa nyeri pada gigi Anda.

9. Mencegah kanker

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi cengkeh dapat membunuh sel kanker dalam tubuh. Sehingga anda dapat terhindari dari kanker payudara, kanker ovarium, dan berbagai macam jenis kanker yang masih di tahap awal.

10. Mengobati masalah pencernaan

Cengkeh dianggap sebagai obat yang mujarab untuk mengobati beberapa macam masalah pencernaan. Hal ini karena cengkeh dapat meningkatkan sekresi enzim pencernaan. Selain itu, rutin konsumsi cengkeh dapat mengurangi gas, kembung, iritasi lambung, dan bahkan mual.


Itulah 10 manfaat cengkeh bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

@templatesyard