5 Manfaat Kulit Jeruk Bagi Kesehatan

5 Manfaat Kulit Jeruk Bagi Kesehatan

Buah jeruk sangat mudah kita jumpai dan merupakan salah satu buah super sehat. Memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi yang dapat berfungsi sebagai antioksidan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mendukung kesehatan sistem pencernaan.

Kebanyakan dari kita mengonsumsi jeruk dengan cara membuang kulitnya. Tapi tahukah anda bahwa kulit jeruk juga bermanfaat bagi kesehatan. Dilansir boldsky.com berikut beberapa manfaat kulit jeruk bagi kesehatan.

1. Mengatasi masalah pencernaan

Kulit jeruk ternyata dapat mengatasi masalah pencernaan. Caranya dengan menggunakan kulit jeruk yang telah dikeringkan. Saat perut terasa tidak nyaman dan kembung, masukkan kulit jeruk kering dalam segelas air hangat. Diamkan beberapa saat dan minumlah air campuran tersebut. Air tersebut efektif mengatasi gangguan pencernaan seperti mual, naiknya asam lambung. Selain itu juga mampu meningkatkan nafsu makan.

2.Mengatasi dahak

Memasuki musim hujan, penyakit batuk dan pilek mulai melanda. Sehingga dahak pun memenuhi tenggorokan penderita. Untuk mengatasi dahak dapat juga menggunakan campuran air hangat dan kulit jeruk yang sudah di keringkan. Ini dapat melarutkan dahak dan mengatasi hidung tersumbat.

3. Anti mikroba

Buah jeruk berguna sebagai antioksidan, sedangkan kulitnya memiliki sifat anti mikroba dan anti inflamasi yang dapat membunuh bakteri dan virus di dalam tubuh. Sehingga kulit jeruk dapat mengurangi keasaman dan mencegah sembelit dalam perut Anda.

4. Mengurangi kolesterol

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa kulit jeruk dapat melarutkan trigliserida dan kolesterol. Sehingga sering mengonsumsi air kulit jeruk dapat menurunkan kadar kolesterol Anda pun akan menurun.

5. Mencegah kanker usus


Dalam kulit jeruk terdapat kandungan flavonoid yang dikenal sebagai hesperidina. Bahan alami tersebut sangat efektif dalam melawan kanker usus besar dan mencegah osteoporosis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

@templatesyard