5 Fakta Menakjubkan Jamur Yang Perlu Anda Ketahui

5 Fakta Menakjubkan Jamur Yang Perlu Anda Ketahui
ilustrasi jamur (foto:eblogfa)
Beberapa jenis jamur dapat dikonsumsi dan sudah banyak dijadikan makanan olahan. Jenis jamur tiram dan jamur kancing yang biasa dikelolah menjadi makanan yang lezat oleh masyarakat maupun restoran. Jika anda sering mengonsumsi sebaiknya ketahui 5 fakta menakjubkan tentang jamur dibawah ini:

1. Memiliki rasa yang unik

Jamur memiliki rasa yang unik mirip daging yang biasa disebut rasa umami? Rasa umami adalah rasa dasar kelima yang mengandung glutamat dan guanylate di dalamnya. Sehingga rasa jamur layaknya kaldu ataupun seperti daging. Jenis jamur yang paling banyak mengandung umami adalah shitake dan enokitake.

2. Sumber Vitamin D

Jamur mengandung sejumlah kecil Vitamin D dan untuk menambah jumlah vitamin D tersebut beberapa produsen memaparkan jamur yang sedang tumbuh pada paparan sinar ultraviolet.

3. Menjaga berat badan

Sering mengonsumsi jamur dapat menjaga berat badan anda. tanaman ini tanaman ini rendah kalori walaupun dalam jumlah banyak. Hal ini dibuktikan oleh hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Appetite. Dalam penelitian tersebut dilakukan percobaan dengan mengganti asupan daging merah dengan jamur selama satu tahun. Dan hasilnya berat badan mereka turun dan kadar lemak berkurang.

4. Sumber Vitamin B

Jamur juga mengandung vitamin B yang dapat mengubah kalori menjadi energi. Selain itu, jamur dapat membantu memproduksi sel darah merah, sistem pencernaan, kulit dan pertumbuhan.

5. Mengatur kadar kolesterol

Dalam jamur terdapat kandungan serat bernama beta-glucan yang baik untuk pembuluh darah. Serat tersebut berperan penting dalam metabolisme lemak serta menjaga kadar kolesterol dalam darah.

Itulah 5 fakta menakjubkan tentang jamur. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

@templatesyard