8 Buah Yang Dapat Mengontrol Kadar Gula Darah

8 Buah Yang Dapat Mengontrol Kadar Gula Darah

8 buah yang dapat mengontrol kadar gula darah yang baik untuk penderita Diabetes. Kadar gula yang tidak stabil dan meningkat dalam darah adalah faktor utama munculnya penyakit diabetes.  Diabetes dapat menyebabkan beberapa komplikasi penyakit lainnya seperti kerusakan saraf, sirkulasi darah yang buruk, gagal ginjal, stroke, kebutaan, gangguan pendengaran, hingga serangan jantung.

Penderita diabetes harus menjaga pola makanannya. Mereka harus berhati-hati ketika mengonsumsi makanan yang tinggi lemak, kalori, dan terutama gula. Beberapa buah yang dianggap sehat pun dapat membahayakan penderita diabetes.

Tidak semua buah berbahaya bagi penderita diabetes. Ada beberapa jenis buah yang bahkan dapat mengontrol kadar gula dalam darah. Dilansir boldsky berikut beberapa buah yang baik untuk penderita diabetes.

Grapefruit

91% Grapefruit  mengandung air sehingga baik untuk penderita diabetes. Selain itu, terdapat kandungan naringenin dalam grapefruit yang merupakan flavonoid yang bisa meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin.

Stroberi

Stroberi juga banyak mengandung air, yaitu sekitar 92%. Kandungan vitamin dan antioksidannya mampu membantu untuk mengontrol diabetes. Buah ini mampu menjaga perut agar tetap penuh, sehingga membuat Anda terhindar dari kebiasaan ngemil yang dapat membahayakan kadar gula darah Anda.

Baca juga : Rutin makan kacang dapat mengontrol gula darah

Jeruk

Jeruk kaya akan kandungan serat, rendah gula, tinggi vitamin C, dan thiamin. Nutrisi yang terkandung dalam buah jeruk dapat membantu untuk mengontrol kadar gula darah. Jeruk mengandung air sekitar 87% dan memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga aman dikonsumsi.

Ceri

Ceri rendah akan kadar glikemik namun kaya akan kandungan vitamin C, antioksidan, zat besi, beta karoten, kalium, folat, magnesium, dan serat. Tidak hanya itu ceri juga tinggi akan anthocyanin yang diyakini mampu menurunkan kadar gula darah dengan meningkatkan produksi insulin sebanyak 50%.

Semangka

Semangka mengandung  beta karoten, vitamin B, vitamin C, lycopene, dan potasium. Kandungan airnya pun juga tinggi, yaitu sekitar sekitar 92% sehingga aman untuk dikonsumsi penderita diabetes. 

Apel

Apel juga kaya akan vitamin C, serat larut, serta antioksidan. Selain itu juga terdapat kandugan pektin yang membantu untuk menghilangkan racun dari dalam tubuh serta mengurangi kebutuhan insulin hingga 35%. Konsumsi sebuah apel setiap hari dapat membantu pasien diabetes untuk mengontrol gula darah.

Pir

Kandungan air dalam Pir sebanyak 84%, jadi sangat aman untuk dikonsumsi penderita diabetes. Buah ini juga kaya akan serat dan vitamin yang membantu untuk menjaga kadar gula darah. Buah Pir bahkan dianggap sebagai buah yang paling cocok untuk dikonsumsi penderita diabetes. Hal ini karena pir mampu meningkatkan sensitivitas insulin.

Kiwi


Kiwi juga cocok untuk penderita diabetes, sebab rendah akan karbohidrat dan kaya akan serat yang dapat membantu untuk mengurangi kolesterol serta menjaga kadar gula darah.

itulah beberapa jenis buah yang dapat mengontrol kadar gula dalam darah, sehingga baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

@templatesyard