5 Jenis Makanan Sehat Yang Bahaya Jika Dikonsumsi Berlebih

5 Jenis Makanan Sehat Yang Bahaya Jika Dikonsumsi Berlebih

Kadang kita mengira bahwa makanan sehat walaupun dikonsumsi dalam jumlah banyak tidak berbahaya bagi tubuh. Namun pendapat itu sebenarnya salah. Ada beberapa makanan alami yang menyehatkan namun jika dikonsumsi dalam jumlah banyak juga dapat berbahaya bagi kesehatan.

Untuk mengetahui apa saja makanan alami yang tidak dapat dikonsumsi secara berlebihan, yuk kita simak ulasannya dibawah ini seperti dilansir Cheat Sheet.

Jus

Jus sebenarnya salah satu minuman sehat, yang menurut CNN, jus adalah cara yang baik untuk mendapatkan vitamin, mineral, dan fitonutrein, tetapi juga bisa membuat tubuh kita berbahaya. Mengapa jus dapat membahayakan? Salah satu contohnya adalah jeruk yang diubah menjadi air seperti jus akan kehilangan serat dan nutrisinya. Beda dengan saat memakan jeruk yang utuh.
Jangan mencoba jus semua buah menjadi cairan seutuhnya, sehingga Anda masih bisa mendapatkan serat dari biji-bijinya dan nutrisi.

Ikan Salmon

Ikan salmon terkenal karena kandungan protein dan lemak omega 3 yang baik. Konsumsi ikan salmon sangat dianjurkan namun anda perlu mengetahui tempat habitat ikan tersebut. Banyak ikan salmon yang berasal dari habitat di perairan tercemar. Dilansir Huffington Post banyak budidaya ikan yang malah membuat kandungan lemak dan kadar polutan tinggi. Efeknya adalah jika mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak omega-3 yang ekstrem dapat mengakibatkan risiko kolitis, jenis penyakit pada usus.

Biji gandum

Biji gandum memiliki kandungan protein yang lengkap karena memiliki 9 asam amino esensial. Kandungan seratnya pun hampir 2 kali serat biji-bijian lainnya. Khasiat biji ini adalah dapat melancarkan sistem pencernaan dan meningkatkan rasa kenyang. Efek sampingnya jika dikonsumsi secara berlebihan adalah dapat menyebabkan kram dan mengurangi kemampuan tubuh Anda untuk menyerap nutrisi. Sedangkan jika Anda tidak minum banyak air, dapat mengakibatkan sembelit atau penyumbatan yang membutuhkan operasi.

Alpukat

Alpukat diketahui dapat membantu menurunkan kolesterol dan sehingga mengurangi risiko penyakit jantung. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menaikkan berat badan Anda. Mengapa? Karena Alpukat mengandung lemak yang tinggi.

Minyak kelapa

Minyak kelapa biasa digunakan untuk kesehatan dan kecantikan. Ketika Anda mencampur minyak kelapa di makanan, hal ini dapat meningkatkan nafsu makan anda, sehingga dapat mempengaruhi berat badan Anda.

Itulah jenis makanan menyehatkan namun berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. Anda tidak perlu takut untuk mengonsumsi jenis makanan tersebut, namun sebaiknya untuk tidak secara berlebihan atau sesering mungkin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

@templatesyard