11 Manfaat Luar Biasa Biji Mahoni Bagi Kesehatan

11 Manfaat Luar Biasa Biji Mahoni Bagi Kesehatan

Buah mahoni ini mungkin masih sangat asing bagi kita, karena buah ini tidak begitu populer di kalangan masyarakat Indonesia. Buah yang dalam bahasa inggirsnya disebut Sky Fruit ditemukan di wilayah Pasifik Selatan terutama di Kepulauan Solomon. Bijinya yang pahit ternyata menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan.

Saat ini telah ada ekstrak biji mahoni yang berbentuk kapsul yang mudah kita jumpai. Dalam biji mahoni terdapat 33 jenis flavonoid dan 27 jenis saponin dan beberapa nutrisi lainnya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Biasanya orang mengonsumsi biji mahoni dengan cara digiling atau ditumbuk sampai halus dan diminum dengan air. Namun perlu diingat bahwa tidak boleh mengonsumsi biji mahoni secara berlebihan karena dapat memicu terbentuknya kolesterol di cairan empedu yang dapat menyebabkan batu empedu.

Dibawah ini adalah manfaat biji mahoni bagi kesehatan yang dihimpun dari beberapa sumber:

1. Menjaga kesehatan Jantung

Biji mahoni memiliki manfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah. Kandungan flavonoid dalam biji mahoni membantu dalam meningkatkan sirkulasi, sedangkan kandungan saponinnya baik untuk kesehatan jantung Anda.

2. Mengontrol Gula Darah

Biji mahoni juga dapat mengatur gula darah. Tentunya hal ini baik bagi penderita diabetes. Dengan mengkonsumsi 1/2 sdt biji mahoni bubuk dengan air hangat sebelum makan dapat membantu menjaga kadar gula darah Anda tetap stabil. Peran zat saponin dalam mahoni sangat berperan penting dalam mengeluarkan gula darah.

3. Penangkal Serangga

Bubuk biji mahoni ternyata juga dapat berguna sebagai penangkal serangga. Untuk menghindari kontak dengan serangga seperti nyamuk, dapat menggunakan suplemen biji mahoni untuk meningkatkan perlindungan terhadap penyakit yang dibawa oleh serangga.

4. Mengatasi Sembelit

Ketika menderita sembelit, sulit untuk membantu melewati hari. Manfaat kesehatan dari buah mahoni datang untuk manfaat ini. Biji buah langit yang dihancurkan dapat diminum bersama dengan air hangat untuk meredakan sembelit.

5. Mencegah Alzheimer

Untuk mencegah penyakit Alzheimer dapat dengan menggunakan bubuk biji mahoni. Caranya dengan menambahkan buah mahoni ke dalam makanan, misalnya dicampur dengan secangkir susu.

6. Mengurangi nyeri Haid

Bagi wanita, nyeri saat haid sangat mengganggu aktivitas. Nah dengan bantuan biji mahoni Anda dapat mengurangi rasa nyeri tersebut. Caranya dengan konsumsi buah mahoni pada hari pertama menstruasi.

7. Meningkatkan kesuburan

Dengan mengonsumsi biji mahoni dapat membantu dalam proses kesuburan pria. Pira yang mengalami disfungsi ereksi bisa disebabkan karena stres dan tekanan pekerjaan. Cara terbaik untuk mengatasi impotensi adalah dengan mengonsumsi buah mahoni secara teratur.

8. Menambah nafsu makan

Bagi anda yang sulit makan atau kurang nafsu makan dapat mencoba mengonsumsi biji mahoni. Kandunga nutrisi biji mahoni dapat menambah nafsu makan Anda.

9. Mencegah bau mulut

Jika anda memiliki masalah pada bau mulut anda, cobalah untuk mengonsumsi mahoni. Buah ini dapat mengurangi bau mulut yang tidak sedap.

10. Mencegah penyakit hati 

Dengan mengonsumsi bubuk buah mahoni bersama dengan susu setiap hari bisa membantu menurunkan infeksi pada hati. Sehingga dapat menjaga kesehatan hati Anda.

11. Alergi kulit

Untuk mengobati alergi pada kulit dapat dengan mengonsumsi bubuk biji mahoni yang dicampur air dan diminum sebagai obat.

Itulah 11 manfaat biji mahoni bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

@templatesyard