Manfaat Buah, Bunga dan Daun Kersen Bagi Kesehatan

Manfaat Buah, Bunga dan Daun Kersen Bagi Kesehatan
Buah kersen biasa disebut juga dengan buah talok dan dalam bahasa ilmiahnya adalah muntingia calabura. Daging buahnya halus dan memiliki rasa manis. Anda dapat menemui dengan mudah buah ini karena pohon kersen termaksud tumbuhan liar yang dapat tumbuh dimana saja.

Selain rasanya yang manis, buah kersen menyimpan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Apa saja manfaat buah kersen bagi tubuh anda? yuk kita simak khasiatnya dibawah ini seperti dilansir merdeka.com

1. Antibakteri

Dari hasil penelitian, buah kersen memiliki sifat antibakteri yang katanya sebanding dengan antibiotik standar yang digunakan medis. Hal ini karena terdapat senyawa antibakteri didalamnya.

2. Antioksidan

Studi lain menunjukkan bahwa terdapat kadar antioksidan yang tinggi dalam buah kersen. Sebagaimana diketahui bahwa fungsi antioksidan adalah menjaga sistem imun tubuh dan melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.

3. Antiseptik

Selain buahnya yang bermanfaat, ternyata daun kersen juga memiliki manfaat loh. Daun kersen yang direbus berguna sebagai antiseptik yang dapat membunuh bakteri termasuk: C. diphtheriae, S. aureus, P. vulgaris, S. epidermidis, dan K. Rhizophil. Senyawa yang terkandung dalam daun kersen tanin, flavonoid dan saponin yang merupakan sifat antibakteri.

4. Anti-inflamasi

Selain antibakteri, rebusan daun kersen juga memiliki manfaat lain seperti anti-inflamasi (anti-peradangan) dan juga dapat menurunkan demam.

5. Anti-tumor

Kandungan flavonoid pada daun kersen berguna untuk menghambat pertumbuhan sel kanker.

6. Mengobati asam urat

Rakyat Indonesia biasa menggunakan buah kersen untuk mengobati asam urat. Selain itu buah ini dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh asam urat.

7. Menjaga kesehatan jantung

Ekstrak daun kersen dapat melindungi miokardium yang berdampak pada penurunan yang signifikan dalam pembatasan kebocoran enzim dari miokardium.

8. Kram perut

Air rebusan bunga kersen dapat dijadikan sebagai antiseptik dan dapat mengobati kram perut. Jadi, jika anda mengalami kram perut dapat meminum air rebusan bunga kersen.

9. Anti-kanker

Sebuah studi menemukan adanya sifat anti-kanker pada pohon kersen. Hal ini karena ditemukannya kandungan flavonoid sitotoksik baru pada akar kersen.

Itulah manfaat buah, daun dan bunga kersen bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

@templatesyard