6 Manfaat Jambu Air Bagi Kesehatan

6 Manfaat Jambu Air Bagi Kesehatan
Nama buah jambu air sudah tidak asing lagi bagi kita. Jambu air ini dapat mudah kita temukan dibeberapa daerah di Indonesia karena tanaman ini merupakan salah satu tanaman asli Asia Tenggara. Rasanya yang bercampur manis asam asin ini membuat jambu air menjadi buah favorit yang biasa disajikan pada rujak manis.

Sering mengonsumsi buah ini sebaiknya kita juga perlu tahu manfaatnya bagi kesehatan. Seperti dilansir organicfacts.net berikut dibawah ini adalah 6 manfaat jambu biji bagi kesehatan.

1. Baik bagi penderita diabetes 

Pada jambu air terdapat jambosine yang merupakan jenis senyawa alkaloid. Senyawa tersebut dapat menghalangi atau mengatur konversi pati menjadi gula. Tentunya hal ini baik untuk penderita diabetes. Saat ini penelitian dilakukan lebih lanjut untuk mengetahui dampak jambosine dalam mengontrol gula darah.

2. Menjaga sistem pencernaan

Jambu air memiliki kandungan serat yang tinggi, tentunya hal ini membuat jambu air baik bagi pencernaan dan dapat mengatasi sembelit. Beberapa pengobatan tradisional menggunakan jambu biji air untuk mencegah diare dan disentri.

3. Mencegah kanker

Jambu air dapat mencegah kanker karena mengandung senyawa-senyawa organic aktif. Senyawa tersebut sangat efektik mencegah kanker dengan kombinasi dengan vitamin C dan vitamin A. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa sering konsumsi jambu air dapat mencegah risiko kanker payudara dan prostat.

4. Toksisitas

Jambu air juga dapat membersihkan hati dan ginjal. Hal ini karena jambu air memiliki sifat diuretik yang secara tidak langsung dapat meningkatkan efisiensi metabolism tubuh.

5. Mengontrol kadar kolesterol

Nutrisi dan serat yang terdapat dalam buah ini dapat mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh, sehingga dapat mencegah komplikasi kardiovaskular seperti serangan jantung, stroke, dan penyakit jantung koroner.

6. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Jambu air juga disebut memiliki efek antimikroba dan anti-jamur. Hal ini diungkapkan oleh penelitian yang menunjukkan bahwa kandungan nutrisi yang terdapat dalam jambu air dapat melindungi kulit dari berbagai infeksi dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Itulah manfaat luar biasa jambu air bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

@templatesyard