5 Manfaat Luar Biasa Kol Ungu Bagi Kesehatan

5 Manfaat Luar Biasa Kol Ungu Bagi Kesehatan
kol ungu (photo:rebootwithjoe)
Kol ungu memang sangat jarang kita jumpai, tetapi jika anda sering mengonsumsi sayuran ini dapat menjaga kesehatan anda. Kol ungu mengandung vitamin C dan K serta memiliki zat anti inflamasi. Tidak hanya itu, warna ungu pada kol ini mengandung polifenol antosianin (antioksidan) yang lebih baik ketimbang kol putih sehingga baik untuk kesehatan kulit.

Seperti dilandir health liputan 6, beberapa penelitian juga menunjukkan, kandungan anthocyanin pada kol ungu dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes dan beberapa jenis kanker. Untuk lebih jelas manfaat dari kol ungu, lihat penjelasannya dibawah ini:

1. Diet

Kol ungu cocok bagi anda yang sedang diet, karena hanya mengandung 33 kalori.

2. Baik untuk otak

Kol ungu juga tinggi akan kandungan vitamin K dan antosianin yang bermanfaat bagi kesehatan mental dan meningkatkan konsentrasi. Selain itu, sayuran ungu ini dapat mencegah kerusakan saraf, menurunkan risiko Alzheimer dan demensia.




3. Membantu detoksifikasi tubuh

Vitamin C dapat menghilangkan racun (radikal bebas dan asam urat) dan kol ungu banyak mengandung vitamin C.

4. Mencegah kanker

Ada beberapa kandungan dalam kol ungu yang dapat melawan sel kanker seperti lupeol, sinigrin dan sulforaphane. Semua zat tersebut dapat merangsang aktivitas enzim dan menghambat pertumbuhan kanker.

5. Meringankan sakit kepala

Sering mengalami sakit kepala, coba dengan menggunakan kol ungu. Caranya minum jus kol ungu setiap hari, juga membantu meringankan sakit kepala.

Itulah 5 manfaat kol ungu bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

@templatesyard