5 Manfaat Luar Biasa Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

5 Manfaat Luar Biasa Jeruk Nipis Bagi Kesehatan
Jeruk Nipis (photo:google image)
Jeruk nipis merupakan salah satu buah yang banyak digunakan. Nah biasanya jeruk nipis ini disajikan dalam bentuk sorbet, minuman, koktail, acar dan juga digunakan dalam masakan. Jeruk memiliki beberapa jenis yang tersebar di dunia. Nah karena sering mengonsumsi jeruk nipis, sebaiknya kita lihat manfaatnya bagi kesehatan.

Dibawah ini adalah manfaat jeruk nipis bagi kesehatan seperti yang dilansir organicfacts.net:

1. Baik untuk pencernaan

Jeruk nipis mengandung senyawa flavonoid yang dapat merangsang sistem pencernaan dan meningkatkan sekresi cairan pencernaan, empedu dan asam. Selain itu senyawa tersebut dapat merangsang gerak peristaltic (gerakan yang terjadi pada otot-otot saluran pencernaan).

2. Mengendalikan Diabetes




Ternyata buah jeruk nipis ini dapat mengendalikan Diabetes. Hal ini diungkapkan American Diabetes Association bahwa buah citrus dan jeruk nipis merupakan makanan untuk mengendalikan diabetes.  Dalam jeruk nipis terdapat serat larut yang dapat membantu mengatur penyerapan tubuh dari gula ke dalam aliran darah dan mengurangi terjadinya lonjakan gula darah. Selain itu jeruk nipis dan buah citrus memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga baik untuk penderita diabetes.

3. Baik untuk jantung

Serat larut dalam jeruk nipis diketahui dapat mengatur penyerapan gula dan juga menghilangkan kolesterol LDL (kolesterol jahat) sehingga baik untuk jantung. Serat larut juga berfungsi mengurangi peradangan pada pembuluh darah, yang bisa mencegah komplikasi penyakit jantung dan stroke.

4. Mengatasi Arthritis

Penyebab umum Arthritis adalah kelebihan asam urat yang menumpuk di bagian tubuh tertentu. Kandungan Asam sitrat dalam buah citrus seperti jeruk nipis dapat melarutkan asam urat yang dikeluarkan melalui urine. Tidak hanya itu, jeruk nipis memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat menenangkan peradangan.

5. Demam

Jika anda merasa demam, cobalah untuk mengonsumsi jeruk nipis yang dicampur air hangat. Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis dapat secara alami menurunkan suhu tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

@templatesyard