6 Manfaat Labu Siam Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

6 Manfaat Labu Siam Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
labu siam (photo:wikipedia)
6 Manfaat Labu siam bagi kesehatan yang perlu anda ketahui. Labu siam merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Namun tidak hanya di Indonesia, labu siam juga sangat populer di meksiko.

Selain rasanya yang enak, labu siam menyimpan berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh anda. berikut 6 manfaat labu siam seperti dilansir merdeka.com.

1. Kaya akan serat

Sayuran ini baik dikonsumsi karena rendah kalori, kolesterol atau lemak jenuh. Tidak hanya itu Labu siam merupakan salah satu sumber serat yang sangat baik bagi pencernaan.

2. Mengontrol tekanan darah

Labu siam dapat membantu mengontrol tekanan darah. Hal ini karena labu siam tinggi akan kadar kalium yang dapat membantu menyeimbangkan efek natrium, sehingga bisa mencegah hipertensi.

3. Menjaga kesehatan jantung

Salah satu penyebab risiko penyakit jantung dan stroke adalah karena kandungan homosistein yang berlebihan dalam darah. Labu siam dapat mencegah hal itu karena merupakan sumber folat (vitamin B9) yang dapat membantu mencegah penumpukan asam amino.

4. Antioksidan

Labu siam juga merupakan sumber vitamin C. Vitamin C adalah antioksidan yang kuat yang dapat membantu mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

5. Baik untuk ibu hamil

Ibu hamil sangat membutuhkan asam folat (vitamin B9) dan itu terdapat pada labu siam. Hasil studi menunjukkan bahwa kekurangan vitamin B9 dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan bagi bayi, misalnya, malformasi ekstremitas, cacat tabung saraf, masalah jantung, dll. Sehingga sebaiknya bagi ibu hamil untuk memenuhi asupan asam folat untuk perkembangan janin.

6. Mengatasi anemia

Labu siam dapat mencegah seseorang terkena anemia. Hal ini karena pada sayuran tersebut terdapat kandungan vitamin B2 dan zat besi. Kedua senyawa tersebut merangsang produksi sel darah merah dan kadar hemoglobin.

itulah 6 manfaat luar biasa dari sayuran labu siam, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

@templatesyard