Makan Kacang Setiap Hari Dapat Mencegah Penyakit Mematikan

Makan Kacang Setiap Hari Dapat Mencegah Penyakit Mematikan
ilustrasi kacang (photo:torontosun)
Kacang merupakan salah satu cemilan yang paling banyak disukai. Apalagi saat sedang nonton bola, bioskop ataupun lagi kumpul bersama teman-teman. Selain dari rasanya yang gurih, ternyata kacang memiliki manfaat yang luar biasa yaitu dapat mencegah beberapa penyakit mematikan.

Dilansir Okezone.com, sebuah penelitian menemukan manfaat lain dari kacang, yaitu kaya akan serat dan nutrisi. Para peneliti mengklaim bahwa makan segenggam kecil kacang setiap hari dapat membantu menangkis penyakit mematikan tertentu.

Para peneliti dari Belanda menemukan dalam penelitiannya bahwa pria dan wanita yang makan setidaknya 10 gram kacang sehari, jauh dari risiko kematian akibat penyakit pernapasan, penuaan saraf, diabetes, kanker, dan penyakit kardiovaskular daripada mereka yang tidak mengonsumsi kacang.



Temuan tersebut dipublikasikan dalam jurnal International Journal of Epidemiology. Prof Piet van den Brandt dari Maastricht University mengatakan bahwa secara substansial terlihat bahwa risiko kematian lebih rendah dengan kebiasaan mengonsumsi rata-rata 15 gram kacang atau setengah tangkupan tangan perhari. Sedangkan jika dikonsumsi secara berlebihan tidak berhubungan dengan penurunan risiko kematian.

Dalam studi tersebut dijelaskan bahwa kacang kaya akan asam lemak tak jenuh, vitamin, serat, dan antioksidan yang dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit tertentu. Namun hal ini berbeda dengan selai kacang yang tidak memiliki manfaat sama, karena terdapat garam dan minyak nabati tambahan yang mengurangi manfaat dari kacang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

@templatesyard